Home » Cerita Motivasi » Dalam penelitian yang dilakukan Profesor Albert Mehrabian

Dalam penelitian yang dilakukan Profesor Albert Mehrabian

Start here

Components of Communication

 

Dalam penelitian yang dilakukan Profesor Albert Mehrabian  yang telah dikutip melalui berbagai seminar di berbagai belahan dunia dan dikenal dengan Hukum 7%-38%-55%, mengemukakan rahasia keberhasilan dalam berkomunikasi ditentukan dari:

7% dari pesan yang berkaitan dengan perasaan dan sikap dalam kata-kata yang diucapkan.

38% dari pesan yang berkaitan dengan perasaan dan sikap yang paralinguistik (cara bahwa kata-kata yang dikatakan).

55% dari pesan yang berkaitan dengan perasaan dan sikap dalam ekspresi wajah.

Berdasarkan penelitian diatas, dapatkah kita simpulkan bahwa orang hanya mengingat 7% apa yang Anda katakan vs 93% bagaimana Anda mengatakannya dan apa yang mereka rasakan ketika Anda mengatakannya.

Beberapa orang mungkin ‘dapat menghabiskan banyak waktu untuk mencari kata yang tepat tetapi gagal memperhatikan hal-hal vital yang menjamin sukses mereka, apakah pemilihan kata-kata yang tepat dalam berkomunikasi sangat mempengaruhi keberhasilan dalam berkomunikasi?  Orang yang kita ajak berkomunikasi tidak hanya terkesan oleh kata-kata yang kita ucapkan, mereka terkesan dengan intonasi, ekspresi wajah dan gesture tubuh kita, apakah selaras dengan apa yang kita ucapkan.

Suara dan ekspresi tubuh kita mempunyai pengaruh besar terhadap pendengar, sementara pilihan kata yang diucapkan tidak terlalu berpengaruh terhadap pendengar. Pendengar cenderung melupakan kata-kata, kecuali beberapa hal yang sangat berarti dan menarik perhatiannya. Sebaliknya, pendengar mengingat cara kita memperlakukan mereka dan bagaimana kita berbicara dan bertindak.

Kedua elemen non verbal tersebut menjadi sangat penting dalam mengkomunikasikan perasaan dan sikap, khususnya ketika terjadi ketidakselarasan: jika kata dan ekspresi tubuh tidak sesuai, maka orang akan lebih condong percaya pada ekspresi tubuh.

Sebelum kita membuka mulut, orang yang kita ajak berkomunikasi seringkali telah membuat beberapa asumsi tentang Anda berdasarkan pengalaman dan prasangka mereka, dan Anda akan mendapatkan nilai plus dan minus.

Anda tidak pernah memiliki kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama, jadi apakah Anda memasuki sebuah ruangan untuk suatu negosiasi, bertemu klien, atau sebuah rapat resmi maupun tidak resmi, orang-orang disekitar Anda akan menilai Anda begitu mereka dapat melihat Anda.


Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>