Home » Cerita Motivasi » Anda Berbicara Belum Tentu Berkomunikasi

Anda Berbicara Belum Tentu Berkomunikasi

Start here

can telephones

Jika orang lain tidak mendengarkan, apa pula gunanya kita berbicara? Kita mungkin berbicara dengan baik, tetapi apakah yang kita komunikasikan dimengerti oleh orang lain? Apakah kita menggunakan kata yang tepat ketika berbicara? Dan Apakah komunikasi kita selama ini tepat sasaran? Atau Apakah ketika kita berbicara orang tidak mendengarkan apa yang kita ucapkan?

Anda tidak bisa tidak berkomunikasi,

Sehingga komunikasi merupakan bagian terpenting dari kehidupan kita, baik itu komunikasi verbal atau nonverbal, simbol, tulisan, semua sangat penting peranannya bagi kesuksesan untuk mencapai banyak tujuan dan ambisi.

Perbaiki cara berkomunikasi Anda sedikit saja. Semoga ini tidak merusak keberuntungan Anda. William Shakespeare.

Kabar baiknya adalah komunikasi hanyalah permainan pikiran, baik atau tidaknya suatu komunikasi tergantung siapa yang memainkannya. Untuk memainkannya di butuhkan keterampilan, dan kabar baiknya adalah keterampilan tersebut dapat di pelajari dan bisa kita gunakan.

“Jika saya punya waktu delapan jam untuk menebang sebuah pohon, saya akan menghabiskan enam jam untuk mengasah kapak saya”.  Abraham Lincoln

Setelah Anda mempraktekan apa yang tertulis di dalam buku ini dengan sungguh-sungguh dan menerapkan teknik-teknik yang ada, meskipun tidak sesederhana itu, otomatis akan mengembangkan keterampilan Anda dan juga pemahanan Anda dalam berkomunikasi, proses komunikasi, diri Anda, dan orang lain, sehingga Anda akan mengerti dan dapat menerapkan komunikasi Anda menjadi sangat elegan dan sangat mahir.

“Setiap manusia menandai dirinya dengan  nilai-nilainya, manusia menjadi besar atau kecil oleh kemauannya sendiri”. Friedrich Von Schiller

Salah satu Presuppositions of NLP menuliskan The Meaning of a Communication is The Response You Get. Makna komunikasi dinilai dari respon yang didapat. Ini adalah salah satu pengandaian yang paling penting dalam NLP. Titik komunikasi adalah untuk mendapatkan suatu hasil. Komunikator yang efektif bukanlah seseorang dengan baik dalam penyampaian bahasa, tetapi adalah seseorang yang mendapat respon.

Kadangkala kita berpikir bahwa jika seseorang salah memahami kita ada sesuatu yang salah dengan dia. Kedua perilaku verbal dan non-verbal memicu respons pada orang lain.

Berdasarkan teori komunikasi, Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Apabila tidak terjadi suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikator berarti kita gagal dalam komunikasi. Hal ini seringkali terjadi, sehingga muncullah kesalahpahaman dalam berkomunikasi, sehingga kadangkala kita berbicara tetapi proses komunikasi tidak terjadi. Penghambat terbesar dalam proses komunikasi ini adalah kurangnya pemahaman antar pribadi.

Prinsip terpenting dalam berkomunikasi adalah pemahaman, dimana kita tidak hanya ingin dipahami oleh orang lain tetapi memahami terlebih dahulu orang lain sebelum berkomunikasi.

“Pahami mengenai prinsip memahami baru Anda akan paham bagaimana memahami orang lain.”

Memahami adalah sebuah cara, sedangkan dipahami adalah sebuah pencapaian. Ketika kita mampu memahami orang lain, otomatis kita akan dipahami oleh orang lain.

Lebih baik untuk memahami sedikit daripada salah mengerti banyak. – Anatole France

Ketika kita mulai memahami orang lain, kita akan menyadari bahwa sudut pandang kita sebagai manusia terbatas yang mengakibatkan kita melihat hanya dari sudut pandang kita saja.

 

– Aristoteles Choudhury-


Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>